Sorotan Sosialisasi: Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Masyarakat Mencegah Dampak Psikososial Obesitas bagi Anak di Desa Mentosari

  • Aug 11, 2023
  • Desa Mentosari

Pada tanggal 18 Juli 2023, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai dampak psikososial obesitas bagi anak di Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Elkana Setyo Utomo, seorang mahasiswa dari program studi ilmu keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh ibu-ibu masyarakat Desa Mentosari yang memiliki balita dan sedang mengikuti kelas balita. Kegiatan sosialisasi bertempat di posyandu Rt 07 Rw 02 Desa Mentosari. Kegiatan sosialisasi ini memiliki tujuan utama untuk mencegah adanya dampak psikososial yang mungkin dialami anak-anak akibat obesitas yang mereka alami. Obesitas merupakan sebuah masalah kesehatan yang marak pada anak usia dini, memiliki dampak yang bervariasi, tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik, tetapi juga pada aspek psikologis mereka.

Penyampaian materi sosialisasi dilakukan dengan menggunakan media poster. Sosialisasi dimulai dengan penjelasan materi mengenai pengertian obesitas. Obesitas sendiri adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami penumpukan lemak berlebih. Selanjutnya, peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi diajak untuk mengenali gejala-gejala anak-anak yang mengalami obesitas, seperti wajah membulat, pipi tembem, dagu rangkap, perut berlipat-lipat, dan adanya acanthosis nigricans (bercak hitam di belakang leher).

Sesi selanjutnya berfokus pada pemaparan mengenai dampak psikososial obesitas pada anak-anak. Dampak ini mencakup gerakan tubuh yang menjadi lamban, menurunnya rasa percaya diri, penampilan yang kurang menarik, dan mungkin menjadi bahan ejekan dari teman sebaya, yang berpotensi menyebabkan anak menarik diri dari pergaulan sosial. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian serius karena dapat berdampak pada perkembangan sosial dan emosional anak.

Dalam upaya mencegah obesitas pada anak usia dini, kegiatan ini juga mengajak orang tua untuk berperan aktif. Peran aktif orang tua dapat dilakukan dengan mendukung anak-anak dalam menerapkan perilaku hidup sehat, termasuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang, mendorong anak untuk rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, dan menjaga siklus tidur anak.

Kegiatan ditutup sosialisasi ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir. Melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman masyarakat tentang dampak obesitas pada anak meningkat, dan orang tua menjadi lebih aktif dalam mencegah serta mengatasi masalah obesitas sejak usia dini. Upaya preventif semacam ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi kesehatan dan kualitas hidup anak-anak di Desa Mentosari.

 

 

Penulis : Elkana Setyo Utomo

Lokasi : Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang

Dosen Pembimbing : Rismiyati, B. Eng, M. CS.