MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN EDUKASI MITIGASI BENCANA GUNA MIMINIMALISIR DAMPAK YANG AKAN TERJADI

  • Aug 11, 2023
  • Desa Mentosari

Mentosari, Batang (25/07) Indonesia terletak diantara tiga lempeng dunia yaitu, Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia akibatnya Indonesia berada pada kawasan rawan terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Sehingga, dibutuhkan mitigasi bencana alam. Menurut UU nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, pengertian mitigasi adalah rangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana. mitigasi dilakukan melalui pembangunan fisik maupun penyandaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana. Hal ini menjadi dasar terlaksananya program kerja “Edukasi Mitigasi Bencana Alam” Oleh mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023.

Bertempat di kantor Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, kabupaten Batang, Yehudha Kumarkono, mahasiswa S-1 Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, menyerahkan modul “Edukasi Mitigasi Bencana.” Program ini ditargetkan kepada pemerintah desa yang dimana jarang mendapatkan pelatihan mengenai mitigasi bencana oleh pemerintah kecamatan atau kabupaten di karenakan Desa Mentosari sendiri jarang dilanda bencana. Hal ini sangat berbahaya jika pemerintah desa lengah dalam memandang potensi bencana di Desa mentosari.

Dengan adanya modul ini diharapkan dapat mengedukasi pemerintah desa agar tidak lengah dalam memandang potensi bahaya yang dapat terjadi di Desa Mentosari dan siap dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Selain modul mahasiswa KKN juga membantu desa dalam membuat rambu tempat evakuasi yang dibutuhkan oleh desa agar lolos penilaian IDM agar Desa Mentosari dapat digolongkan menjadi desa maju.

Diharapkan dengan adanya program “Edukasi Mitigasi Bencana”, masyarakat desa, dan terkhusus pemerintah desa agar tetap meningkatkan pengetahuan dengan selalu mengedukasi diri sendiri khusus nya mengenai mitigasi bencana alam agar jika bencana alam yang tidak di inginkan tersebut terjadi, maka semua kalangan dapat siaga dan tetap waspada untuk menghadapi bencana alam tersebut.

@p2kkn @lpmmundip @kknundip

Penulis Yehudha Kumarkono
NIM 21010119130109
Program Studi S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Dosem Pembimbing Lapangan Rismiyati, B. Eng, M.Cs
Lokasi Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang