MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN KEGIATAN EDUKASI PEMBUATAN RAB SEDERHANA KEPADA PERANGKAT DESA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS SDM

  • Aug 11, 2023
  • Desa Mentosari

Mentosari – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 mendukung peningkatan kualitas SDM di desa mentosari dengan cara mengedukasikan pemerintah sekaligus perangkat desa bagaimana cara merancang anggaran biaya konstruksi sederhana yang baik dan benar (25/7/2023).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di kantor Desa Mentosari akhir Juli 2023 dengan pengisi materi Yehudha Kumarkono, mahasiswa S1 Teknik Sipil Universitas Diponegoro. Acara tersebut juga dihadiri oleh perangkat dan pemerintah desa salah satunya yaitu sekretaris desa Bapak Carik.

Setelah kegiatan pelatihan selesai Mahasiswa KKN memberikan modul “Panduan Penyusunan RAB Sederhana” kepada sekretaris desa yang akan digandakan dan dibagikan ke seluruh perangkat desa.

Dengan adanya modul ini diharapkan dapat mengedukasi perangkat desa agar mengerti cara menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan contoh cafe sederhana, sehingga dapat memperkirakan berapakah biaya yang dihabiskan untuk membangun 1 jenis bangunan sederhana. Selain itu perangkat desa diharapkan dapat membandingkan harga apabila membangun rumah dengan cara borongan, yang dimana RAB nya diberikan oleh tukang pemborong.

Modul panduan menyusun RAB ini berisi tentang ‘Apa itu arti dari RAB’, ‘Kenapa diperlukan RAB‘, rincian yang harus ada dalam rab, dan bagaimana cara merancang rab. Modul ini juga disusun dengan harga barang dan upah pekerja daerah Jawa Tengah terbaru yaitu Tahun 2023, sehingga dapat menjadi acuan harga apabila membutuhkan referensi.

Pemerintah dan perangkat Desa Mentosari berterima kasih dengan adanya program dan modul ini. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dapat menambah wawasan perangkat desa tentang cara menyusun rancangan anggaran biaya suatu pembangunan, sehingga apabila ingin merencanakan suatu pembangunan perangkat desa dapat membandingkan harga dengan pemborong. Selain itu diharap dapat meningkatkan kualitas SDM pekerja sehingga mampu bersaing di tengah perekonomian yang semakin sulit di era digital ini.

 

@p2kkn @lpmmundip @kknundip

Penulis Yehudha Kumarkono
NIM 21010119130109
Program Studi S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Dosem Pembimbing Lapangan Rismiyati, B. Eng, M.Cs
Lokasi Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang