Nugget Tempe: Inovasi Olahan Pangan Sederhana dan Bergizi Ala Mahasiswa KKN UNDIP

  • Aug 11, 2023
  • Desa Mentosari

Mentosari, Batang (31/72023), Selama ini dikalangan ibu-ibu rumah tangga, pengolahan tempe kebanyakan hanya digoreng atau dijadikan sayur, namun di tangan mahasiswa KKN Tim II UNDIP tempe bisa diolah menjadi inovasi olahan pangan sederhana dan bergizi yaitu “Nugget Tempe”. Tempe merupakan produk pangan yang sering kita konsumsi baik diolah menjadi kripik yang gurih atau digoreng menjadi tempe mendoan yang lezat. Tempe sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak, mudah diperoleh, dan harganya terjangkau.

Elysa Dwi Rahmawati, seorang mahasiswi Teknologi Pangan UNDIP menyelenggarakan program sosialisasi dan demo inovasi produk nugget tempe kepada sekelompok ibu-ibu di RT 03 Desa Mentosari pada hari Senin, 31 Juli 2023 yang dihadiri oleh 13 peserta. Inovasi yang digalakan yaitu pemanfaatan bahan baku berupa tempe dan sayur (jagung, wortel, brokoli) menjadi olahan nugget yang digemari anak-anak. Dalam pelaksanaan program ini, diisi arahan mengenai cara pengolahan bahan baku tempe dengan tambahan sayur (jagung, wortel, atau brokoli) hingga menjadi produk jadi berupa nugget serta memberikan penjelasan mengenai kandungan gizi dan korelasinya dengan pentingnya protein.  

Nugget tempe dan sayur ini lebih mudah diolah dengan rasa yang tidak kalah gurih dan nikmat dari nugget berbahan daging. Kandungan protein, energi, dan zat besi di dalam tempe dinilai layak menjadi makanan alternatif selain daging. Tempe sebagai bahan utama juga memiliki tekstur yang kuat sehingga tidak mudah rusak ketika dibalur dengan tepung panir dan digoreng. Selain itu, produk nugget tempe dan sayur ini memiliki nilai jual yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi ibu-ibu untuk menambah pendapatan rumah tangga. Testimoni salah satu ibu-ibu setelah mencicipi nugget tempe, “Rasanya enak dan cara buatnya juga mudah” kata Bu Ita.

Mahasiswi Teknologi Pangan UNDIP tersebut menjelaskan tempe juga bisa memenuhi asupan protein atau alternatif protein jika ada yang tidak suka protein hewani. Berikut resep nugget tempe yang bisa kalian coba dirumah! Simple dan mudah

Bahan-bahan:

1 papan tempe

2 sdm tepung terigu

2 butir telur

4 siung bawang putih jagung pipil, wortel, brokoli (optional)

1 sdt garam

1 sdt lada bubuk

air secukupnya

tepung panir

Cara Pembuatan:

  1. Tempe dipotong dadu lalu kukus hingga empuk.
  2. Haluskan tempe, lalu masukkan jagung, wortel, brokoli, telur, dan tepung terigu.
  3. Aduk adonan hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan bumbu penyedap seperti bawang putih, garam, lada bubuk dan aduk rata.
  5. Siapkan wadah cetakan lalu letakkan adonan dalam wadah.
  6. Kukus selama 15 menit. Angkat adonan lalu tunggu hingga dingin.
  7. Potong sesuai selera kemudian gulingkan pada telur sampai rata lalu gulirkan ke tepung panir.

 

Penulis: Elysa Dwi Rahmawati23020120130088

Teknologi Pangan/Fakultas Peternakan dan Pertanian

DPL     : Rismiyati, B.Eng., M.Cs

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023, Kelurahan Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.